MEDIA CENTER REJANG LEBONG – Resepsi kenegaraan perayaan HUT RI ke-79 berlangsung meriah di rumah dinas bupati, pukul 20.00 WIB, Sabtu, (17/8).
Betapa tidak. Bupati Rejang Lebong, Drs.H. Syamsul Effendi, MM beserta istri dan unsur Forkopimda berbaur dengan masyarakat mencicipi aneka menu ‘’jajan pasar’’ yang disiapkan jajaran OPD.

Aneka kuliner ‘’jajan pasar’’ pasar itu berupa bakso, sate padang, sate kacang, pempek, kue-kue, bandrek, teh dan kopi manis. Termasuk, kambing guling dan pindang iga. Serta buah buahan.

Diantaranya, Dinas PU menyajikan sate kacang dan kambing guling. Dikbud menyiapkan nasi pindang iga. Dinkes menampilkan kambing guling. Satpol PP dengan sate padang lengkap dengan gerobaknya. Begitu juga Dinsos menyuguhkan bakso yang dihidangkan langsung dari gerobak bakso. Inspektorat juga menyiapkan sate padang. Dinas Pertanian dengan tekwan dan pempek. Dinas Kominfo juga tak mau ketinggalan menyuguhkan aneka kue. Dalam sekejap aneka kuliner ‘’jajar pasar’’ itu ludes diserbu pengunjung.

Usai mencicipi aneka jenis kuliner yang disiapkan dinas instansi jajaran Pemkab, bupati bersama unsur Forkopimda langsung naik ke Balai Pat Petulai.

Resepsi kenegaraan perayaan HUT RI ke-79 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng. Malam itu juga bupati melepas 2 atlet yang akan ‘’turun’’ di gelanggang PON 2024 di Banda Aceh. Kedua atlet yang akan memperkuat kontingen Provinsi Bengkulu itu adalah, Egi Fadli Pratama atlet lempar lembing asal Desa Suka Datang. Serta Putri Intan Permata Sari atlet bola tangan asal PUT.

‘’Terimakasih kepada sleuruh OPD dan para pihak yang telah mendukung terselenggaranya rangkaian peringatan dan perayaan HUT RI ke-79,’’ kata bupati.

Dalam merebut kemerdekaan lanjut bupati, para pejuang rela mengorbankan darah, air mata dan bahkan nyawa. Kemerdekaan Indonesia berbeda dengan kemerdekaan negara lain yang diberikan oleh penjajah.

‘’Kemerdekaan kegara kita direbut dengan pertempuran sengit. Banyak para syuhada dan pahlawan kesuma bangsa yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan kita. Kini, kita sebagai generasi penerus harus mewarisi nilai-nilai patriotik dan semangat pantang mundur dalam mengisi kemerdekaan. Semoga ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’ dapat terus tumbuh dan berkembang. IKN di Kalimantan Timur merupakan semangat membangun negara yang kini kondisinya baru selesai 80 persen. IKN ini merupakan 10 ibukota Negara di dunia yang fantastis. Dalam kurun 8 – 12 tahun kedepan, IKN akan rampung 100 persen,’’ kata bupati.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada 2 atlet asal Rejang Lebong yang memperkuat Kontingen Provinsi Bengkulu yang akan ‘’berlaga’’ di gelanggang PON 2024 di Banda Aceh.

Sebagai penyemarak resepsi juga ditampilkan Tari Nenek Sebongkok 3 dari PAUD Al Syafaqoh Desa Cawang Baru. Serta Tari Ragam Besamo dari Sanggat Pat Petulai.

Resepsi diakhiri dengan joget bersama Wabup, Hendra Wahyudiansyah bersama Forkopimda dan personel Paskibraka. Bahkan Wabup sempat ‘’nyawer’’ dengan melemparkan ke Paskibraka yang berjingkrak mengikuti irama yang menghentak. (rahman)

Editor : Rahman Jasin