Media Center Rejang Lebong – Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Rejang Lebong mengelar Kegiatan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) tingkat Kab. Rejang Lebong Tahun 2024.

Suasana meriah mewarnai pembukaan FOP tahun 2024 tingkat Kabupaten Rejang Lebong yang diikuti pelajar SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Rejang Lebong bertempat di Lapangan Sepak Bola Stadion Air Bang Curup, Rabu (11/9) pagi.

Festival dibuka oleh Asisten III Setda Kab. Rejang Lebong, Drs. Sumardi, M.SI dihadiri Drs. Edy Nurindah Susila, M.SI Sekretaris Deputi Wawasan Pemuda Beserta Staf Pendamping, Kemenpora RI, Ketua dan Anggota DPRD RL, Ketua TP-PKK, Unsur FKPD, Kepala OPD, Camat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dispora Kab. Rejang Lebong, Reza Pahlevi dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan gebyar Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS) yang ke-41 tahun 2024.

Festival yang berlangsung 11 – 12 September 2024 ini merupakan hasil kerja sama antara Dispora Kabupaten Rejang Lebong dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Dia juga menjelaskan, beberapa jenis olahraga dilombakan dalam kegiatan FOP 2024 yakni Lomba Estafet Lokomotor, Lomba Estafet Halang Rintang, Lomba Circuit Games, Lomba Lompat Tali Serta Lomba Permainan Tradisional Lainnya.

“Dengan rincian Untuk tingkat SD sederajat yakni Estafet Lokomotor, Lompat Tali dan Circuit Games, untuk tingkat SMP sederajat yakni Estafet Halang Rintang, Circuit Games dan olahraga Tradisional, sedangkan untuk tingkat SMA sederajat yakni Estafet Halang Rintang, Circuit Games, dan Olahraga Tradisional,” tutup Reza.

Selain itu dalam sambutan Bupati Rejang Lebong yang disampaikan oleh Asisten III Setda Kab. Rejang Lebong, Dra. Sumardi, M.SI menjelaskan bahwa festival yang mengusung tema “Play Today Lead Tomorrow” atau “Bermain Hari Ini Memimpin Hari esok”.

“Tema ini memiliki maksud dan tujuan yakni memberikan kesempatan bagi pelajar untuk melakukan aktivitas gerak jasmani agar memiliki tingkat kesehatan prima dan kebugaran,” ujar Sumardi.

Dia juga menyampaikan suatu keberkahan dan kehormatan bagi Rejang Lebong bahwa diantara 514 Kabupaten dan Kota se-Indonesia ini, Rejang Lebong menjadi salah satu diantara 30 Kabupaten dan Kota hasil seleksi Kemenpora RI yang mendapatkan apresiasi sebagai tuan rumah FOP tahun 2024.

“Tentunya keputusan yang telah diambil oleh Kemepora Republik Indonesia tidaklah sembarang pilih, namun lebih daripada itu, kami yakin dan percaya keputusan ini sudah melalui pendataan, klasifikasi dan penyeleksian yang cukup ketat,” ucap Sumardi.

Sehingga pada akhirnya pihak pusat menetapkan Kabupaten Rejang Lebong sebagai tuan rumah dan fokus projek program Kementerian Pemuda dan Olah Raga yaitu melalui program Festival Olahraga Pendidikan tahun 2024,” jelasnya.

“Saya mengucapkan selamat melaksanakan Festival Olahraga Pendidikan tahun 2024, selamat berlomba, jaga selalu nilai-nilai sportifitas,” tutupnya.

Sementara itu Sekretaris Deputi Wawasan Pemuda Kemenpora RI
Edy Nurindah Susila, M.Si mengucapkan selamat Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap 9 September.

Dia berharap agar FOP 2024 tingkat Kabupaten Rejang Lebong dapat berlangsung sukses dan melahirkan generasi yang sehat, bugar dan produktif serta dapat mendorong terciptanya karakter yang sehat, disiplin, pintar, cerdas, berkarakter dan berprestasi.

“Festival ini juga diharapkan dapat melahirkan bibit atlet yang berkualitas guna menorehkan prestasi bagi Kabupaten Rejang Lebong,”

“Selamat bertanding dan jaga sportifitas,” tutupnya. (Andi)