MEDIA CENTER REJANG LEBONG – Acara peluncuran Core Value ASN BerAkhlak dan Sosialisasi Core Value pemerintah Kabupaten Rejang Lebong di hadiri oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kab. Rejang Lebong Aquarius,S.IP.,M.Si, Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Sumardi, M.Si, Kepala OPD, Camat dan para undangan.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kab. Rejang Lebong, Aquarius, S. IP., M.Si, menyampaikan dalam sambutannya yakni peluncuran core value secara resmi telah di luncurkan oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 27 juli 2021 yang lalu, menetapkan menyederhanakan nilai-nilai dasar ASN yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara sesuai arahan presiden Joko Widodo Tentang Pentingnya Pelayanan Kepada Masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menguatkan nilai dasar ASN yang menjadi tombak penguatan budaya kerja sebagaimana pesan presiden Joko Widodo, ASN betugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai Core plus yang sama, yaitu prestasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis , loyal, aktif dan kolaboratif.” Jelas Aquarius, dalam launching core value ASN yang dilaksanakan di Ruang Pola pukul 09.15 WIB, Senin (23/9).

Aquarius, juga mengatakan terdapat dasar hukum yang mengatur kegiatan pada hari ini, pertama UU Nomor 5 Tahun 2014 Aparatur sipil Negara, kedua Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2021 tantang Implementasi Core Value dan Employer Aparatur Sipil Negara.

“Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini yaitu untuk mewujudkan keseragaman nilai dasar ASN berAkhlak, akuntabel, harmonis dan kolaboratif, mendorong pelaksanaan pengelola di lingkungan kabupaten Rejang Lebong”, tutupnya.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong menyampaikan langsung sambutannya yang dalam hal ini di wakilkan Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Sumardi, M.Si mengungkapkan setiap ASN harus mempunyai core value, berorientasi pelayanan, akuntabel, harmonis, royal, adaptif, dan kolaboratif.

“ASN ber-AKHLAK dilakukan transformasi ASN guna mewujudkkan sumber daya manusia yang memiliki profil, pekerja keras, dinamis, terampil dan menguasai teknik,” ujar Sumardi.

“Setiap ASN dimanapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama, seluruh ASN dari berbagai latar belakang profesi seperti Dosen, Jaksa, Dokter, Guru, Perawat, harus mempunyai nilai-nilai dasar yang kompensasi nilai rujukan yang sama, setiap ASN juga mempunyai orientasi yang sama untuk masyarakat dalam jiwa melayani dalam setiap ASN,” tutup Sumardi.