Media Center Rejang Lebong – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah melalui zoom meeting yang di ikuti para Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia. Rakor zoom meeting ini di laksanakan di ruang rapat Sekda Kabupaten Rejang Lebong, Senin (28/10).

Rapat ini di hadiri oleh Asisten II Dr. H. Asli Samin, S.Kep, M.Kep beserta OPD Terkait. Di pimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., serta didampingi Wakil Mendagri Ribka Haluk, dan Bima Arya.

Dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa poin diantaranya dalam analisis inflasi terkini, dipaparkan data inflasi terbaru yang menunjukkan tren peningkatan di beberapa sektor, terutama pangan dan energi. Pada strategi pengendalian, penetapan harga eceran tertinggi untuk barang kebutuhan pokok. Serta peningkatan pasokan barang melalui kerja sama dengan distributor lokal.

Penguatan program subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dan koordinasi antar lembaga menekankan akan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, dinas perdagangan, dan instansi terkait dalam pengawasan harga dan distribusi. Memberikan edukasi masyarakat mengenai rencana kampanye informasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan keuangan pribadi dan pentingnya belanja bijak.

Selanjutnya rapat di tutup dengan monitoring dan evaluasi, penjadwalan evaluasi berkala untuk memantau efektivitas langkah-langkah yang diambil dan menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan. (Cindy-Elfa)